PERLU DICEK KEABSAHAN PT PSP, SIAPAPUN BOLEH TERBITKAN REKOMENDASI

NETIZENTILANG.COM – Surat izin Mengemudi (SIM) adalah legitimasi yang diberikan oleh negara kepada warganya, membuktikan bahwa pemegang SIM sudah memiliki kompentensi menggunakan kendaraan di jalan raya jadi dianggap mengerti tentang keselamatan dan ketaatan tertib lalin.

Siapapun boleh menerbitkan asal yang menerbitkan rekomendasi kompetensi harus lulus sertifikasi Polri dan tidak boleh digunakan sebagai alat untuk melakukan praktik pungutan liar alias pungli. “Semua ada aturan jangan perusahaan abal-abal yang kemudian hanya untuk akal-akalan melegalkan pungutan liar berlindung sertifikasi,” ungkap Ketua Presedium Indonesia Traffic Watch (ITW) Edison Siahaan, ketika diminta komentarnya soal PT PSP yang buka praktik di Polres Purwakrta, Sabtu(30/12).

Menurut Edison, perlu dicek keabsahan PT yang mengeluarkan sertifikasi tersebut. Apakah sudah lulus sertifikasi Polri dan kemampuan pendukungnya mencukupi. Termasuk sarana prasarana dan kemampuan pembimbing soal berlalulintas.”Perlu sosialisasi apakah polisi sudah melakukan sosialisasi?,” tanya Edison.

Diwartakan sebelumnya, kewajiban memiliki sertifikat kompetensi untuk kepengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang terjadi di kabupaten Purwakarta dinilai pengamat sebagai modus baru pungutan liar (Pungli). Sebagaimana yang sempat ramai diberitakan, warga Purwakarta harus mengeluarkan biaya ekstra Rp600 ribu untuk mendapatkan SIM.

Hal itu dikarenakan masyarakat harus menyertakan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh pihak ketiga, dalam hal ini PT Pajajaran Sinar Perkasa yang direkomendasikan Polres Purwakarta sebagai persyaratan untuk mengurus SIM di Polres Purwakarta.

Menanggapi hal tersebut pakar hukum dan advokat senior Agus Amri menyatakan, yang terjadi di kabupaten Purwakarta adalah modus baru Pungli SIM yang sangat bertentangan dengan semangat pemerintah yang menginginkan pelayanan masyarakat cepat mudah dan murah.

Agus khawatir sertifikasi pengemudi seperti itu diduga hanya menjadi kedok bagi praktik pungli dalam pelayanan penerbitan SIM di jajaran Polres Purwakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *