MOBIL BERBAHAN BAKAR SOLAR DAN BENSIN DILARANG BEREDAR

Mobil berbahan bakar gas alam

NETIZENTILANG.COM – Tiongkok sebagai pasar mobil terbesar di dunia berencana melarang produksi dan penjualan mobil berbahan bakar diesel dan bensin. Tujuannya, negara tersebut tak mau menambah polusi udara, sehingga warganya sehat dari berbagai ancaman penyakit.

Wakil Menteri Industri dan Teknologi Informasi Tiongkok, Xin Guobin mengungkapkan, Minggu (10/8) penelitian berkaitan kebijakan tersebut sudah dilakukan. Namun, pemerintah belum memutuskan kapan kebijakan diberlakukan.
Artinya, produsen mobil yang menggunakan BBM sudah diberikan peringatan.

Tentunya mulai saat ini produsen mobil akan berfikir, lakukah produknya? Semakin banyak aturan maka Tiongkok semakin banyak muncul ide-ide baru yang kreatif dan tak berfikir statis.

Lalu bagaimana menjawabnya ? Padahal, tambahnya Xin Guobin seperti dilansir BBC.com, Tiongkok tercatat memproduksi 28 juta mobil tahun lalu. Jumlah tersebut hampir sepertiga total produksi global.

Ternyata Inggris maupun Perancis sebelumnya sudah mengumumkan bakal melarang kendaraan berbahan bakar diesel dan bensin pada 2040. Itu dilakukan sebagai upaya mengurangi polusi dan emisi karbon.

Tahukah produsen mobil yang sudah mengantisipasi larangan penjualan mobil berbahan bakar disel dan bensin? Diantaranya Pabrik produsen Renault-Nissan, Ford, dan General Motors sudah siap mengembangkan mobil listrik di Tiongkok.

Pemilik pabrik mobil Volvo di Tiongkok, Geely, mengatakan, semua model mobil bakal memiliki mesin listrik mulai 2019. Geely menargetkan Volvo akan menjual satu juta mobil listrik pada 2025.

Sadarkah, produsen merk mobil lain harus merubah mesin yang menggunakan BBM diganti dengan tenaga yang menggunakan bateri listrik. Tentunya perubahan tersebut akan membuat gejolak dalam industri mobil dinegara manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *