BERULANG KALI PANCASILA DIGERUS DARI DALAM DAN LUAR

NETIZENTILANG.COM – Indonesia yang begitu kaya dan beragam, memiliki sumber daya melimpah selain menjadi karunia juga memiliki potensi konflik yang besar. Perebutan atas sumber daya menjadi potensi konflik yang dapat mengakibatkan lemahnya daya tahan bangsa maupun kekuatan menangkal berbagai ancaman dari luar.

Para bapa bangsa memahami ini semua, bagi kesejahteraan dan keberlangsungan bagi generasi-2 mendatang serta untuk terus berlangsungnya NKRI beliau2 mencanangkan Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.

Pancasila berkali kali akan diubah dan digerus dari dalam maupun luar. Kebhinekaan Indonesia akan dikembarkan akan dipolakan menjadi satu warna. Analoginya memutihkan pelangi atau mencat terumbu karang dalam air. Sesuatu yang utopi ini terus menerus di viralkan seakan dunia virtual telah mnguasai dunia aktual.

Menjaga NKRI dengan mengamalkan Pancasila merupakan suatu bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Makna kecerdasan bangsa disini adalah mampu membuka mata hati pikiran dan perbuatan untuk mencintai dan bangga akan Indonesia secara sadar bertanggung jawab dab disiplin menumbuhkembangkan.

Ketidak mampuan mencintai dan bangga sebagai anak bangsa menjadikan lupa diri akan sumber daya yg ada bahkan ada yg tega dan bangga merusak bangsanya sendiri. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan suatu landasan filosofi semua golongan dan pihak untuk mampu mengamalkan Pancasila sebagai ideologi negara dan bangsa Indonesia.

Suatu bangsa ini merupakan satu jiwa. Bagi bangsa indonesia jiwanya adalah Pancasila yang menerima dan bangga akan kebhinekaanya.

Kepicikan keserakahan berkuasa membutakan untuk melihat Indonesia yg kaya raya dan indah permai ini. Tega merusak bahkan membunuh saudara sebangsanya. Hasutan kebencian, taburan amarah saling menyerang lupa bahwa kita sesama anak bangsa telah dijadikan budak dan pion bahkan anjing oleh orang2 yang tamak untuk berkuasa. Primordial hanyalah alat semata untk melegitimasi dan mendapatkan solidaritas.

Pancasila dalam cobaan dan akan terus menghadapi tantangan. Pancasila sakti akan ters teruji, namun anak 2 bangsa yang bangga dan cinta Indonesia secara cerdas dan beradab akan mampu menjaganya. Kecerdasan dan keberadabanya tadi ditunjukkan dengan mengamalkan Pancasila secara sadar bertanggung jawab dan penuh disiplin. Brigjen Pol. Crisnanda Dwi Laksana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *