Google Dipanggil Ditjen Pajak, Ini Harapan Sri Mulyani

Kamis, 19 Januari 2017 | 14:33 WIB

Google Dipanggil Ditjen Pajak, Ini Harapan Sri Mulyani

Tony Kuesgen, Managing Editor Google Indonesia berpose dalam acara Google untuk Indonesia di Pacific Place, Jakarta, 9 Agustus 2016. Tempo/ Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta –  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkomentar singkat mengenai pemanggilan Google oleh Direktorat Jenderal Pajak hari ini. “Seperti saya katakan, ketemu saja sama Google dan kita finalisasi,” kata Sri Mulyani sembari memasuki mobilnya, di Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Kamis, 19 Januari 2017.

Rencananya, hari ini, Ditjen Pajak akan bertemu Google untuk membahas tunggakan pajaknya. Ditjen Pajak ingin Google membayar tunggakan pajaknya secara keseluruhan berdasarkan kegiatan bisnisnya di Indonesia sejak 2011. Berdasarkan hitungan Ditjen Pajak, penghasilan Google pada 2015 mencapai Rp 6 triliun plus penalti Rp 3 triliun.

Baca Juga: Soal Pajak Google, Menteri Darmin Akui Belum Ada Model Jelas

Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugeasteadi mengatakan, Google akan memenuhi panggilan Ditjen Pajak sore ini, sekitar pukul 15.00. Namun, Ken enggan menjelaskan secara detail siapa saja perwakilan Google yang akan datang. “Yang diundang banyak. Saya nggak tahu yang datang berapa, siapa yang datang,” ujarnya.

Menurut Ken, jajarannya memanggil Google untuk memverifikasi data yang telah dikantongi tim penyidik. “Hanya mau konfirmasi data saja, ini benar apa nggak,” tuturnya. Namun, Ken menolak memberikan informasi secara detail data apa saja yang ia maksud. “Itu yang nggak boleh. Itu rahasia di pasal 34.”

Baca: Cukai Tak Capai Target, Sri Mulyani: Produksi Rokok Stagnan 

Saat ini, pemeriksaan Google telah masuk ke tahap penyelidikan. Namun, hingga saat ini, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut belum menyerahkan data transaksinya. Data itu penting untuk menentukan jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh Google. Google menaksir, total tagihannya hanya mencapai Rp 337,5 miliar – Rp 405 miliar.

ANGELINA ANJAR SAWITRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *