Kabupaten Tangerang Ancam Pecat Pegawai Berpoligami

Rabu, 18 Januari 2017 | 13:10 WIB

Kabupaten Tangerang Ancam Pecat Pegawai Berpoligami

Demo Anti Poligami/TEMPO/ Santirta

TEMPO.CO, Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang bakal menjatuhkan sanksi berat kepada aparat sipil negara yang terbukti berpoligami tanpa izin atasan. Sanksi itu bisa berupa pemecatan. “Kami tidak akan segan menindak, apalagi yang telah terbukti memiliki istri lebih dari satu orang,” kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Tangerang, Iskandar Mirsyad di Tangerang, Rabu, 18 Januari 2017.

Iskandar mengatakan pada 2016 ada dua pegawai yang terbukti berpoligami.  Mereka dijatuhkan sanksi pemecatan dengan tidak hormat. Tindakan poligami dianggap menyalahi Peraturan Pemerintah (PP) No.45 tahun 1990 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian Bagi Pegawai Negeri.

Pada pasal 4 PP 45 tahun 1990 dengan tegas menyatakan setiap pegawai pria yang ingin beristri lebih dari seorang, wajib memperoleh izin kepada pejabat atasannya. “Bila tidak melaporkan dalam waktu maksimal satu tahun perkawinan, dapat dijatuhi hukuman disiplin berat,” katanya.

Masalah tersebut terkait dengan sanksi yang diberikan pemerintah Kabupaten Tangerang kepada tiga pegawai negeri karena tidak disiplin dalam menjalankan tugas.

Selama tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Tangerang telah menjatuhkan sanksi kepada 10 pegawai negeri dari kalangan pejabat eselon III dan IV.

Selain itu, ada tiga pejabat diberhentikan secara tidak hormat dan dua pejabat dengan hormat serta sanksi lainnnya tidak memiliki jabatan atau dibebastugaskan menunggu penilaian kinerja.

Tingkat pelanggaran pegawai negeri bervariasi ada yang menjadi calo dalam perekrutan pegawai dan terlibat melakukan punggutan liar.

Bahkan terdapat pegawai yang berpoligami tanpa izin dari istri pertama maupun tidak melaporkan kepada pejabat atasan bersangkutan. “Silakan lapor dan sampaikan jika para isteri merasa dirugikan,” kata Iskandar.

Pemerintah Kabupaten Tangerang sebelumnya membentuk tim disiplin bagi pegawai agar mereka taat pada aturan yang berlaku dan tidak melanggarnya terkait saksi berat sesuai aturan itu. Tim ini di antaranya memantau tingkat kehadiran.

ANTARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *