Gabung ke PSM, Hamka Hamzah Berharap Bisa Persembahkan Trofi

Kamis, 19 Januari 2017 | 04:10 WIB

Gabung ke PSM, Hamka Hamzah Berharap Bisa Persembahkan Trofi

Pemain Arema Cronus, Hamka Hamzah (kanan), berebut bola dengan pemain PSS Sleman, Emile Mbamba, saat pertandingan Bali Island Cup 2016 di Stadion Dipta, Gianyar, Bali, 21 Februari 2016. Tiga gol Arema disumbang oleh Cristian Gonzales. TEMPO/Johannes P. Christo

TEMPO.CO, Jakarta – Hamka Hamzah meninggalkan Arema Cronus dan bergabung dengan PSM Makassar untuk kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) 2017. Setelah selama 16 tahun merantau ia kembali tanah kelahirannya untuk memperkuat tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan.

Hamka mengatakan siap bekerja keras untuk membawa tim berjuluk Ayam Jantan dari Timur ini mengangkat trofi pada kompetisi musim depan. “Saya berharap bisa mempersembahkan yang terbaik yakni tofi juara bagi PSM,” kata Hamka usai menjalani latihan perdana bersama tim di Stadion Mattoanging, Rabu, 18 Januari 2017.

Kendati demikian, Hamka mengakui hal itu sangat berat terkait persaingan yang akan semakin ketat. “Tapi apapun itu, saya akan terus berusaha dan membantu tim agar bisa mengangkat trofi juara,” tutur Hamka.

Saat ditanya alasanmemilih PSM saat banyak tim yang mengincarnya, Hamka mengungkapkan bahwa hal itu tak terlepas dari keseriusan manajemen dalam mendekati pemain bertubuh tinggi ini. “Setiap tahun saya selalu ingin direkrut PSM. Tapi baru kali ini bisa karena manajemen serius betul mendatangkan saya.”

Selain itu, lanjut dia, alasannya juga kembali membela tim kampungnya sendiri karena pengaruh pelatih Robert Rene Alberts, yang dianggap sosok pelatih yang berpengalaman dan memiliki kedisiplinan dalam membangun tim. “Saya suka pelatih asing karena disiplin, dan itu yang membuat karir saya bisa bagus,” tambahnya.

Setelah Hamka merapat ke PSM, kini lini belakang tim diisi oleh pemain senior dan berpengalaman yakni ada Ardan Aras, Hendra Wijaya, dan Zulkifli Syukur. Selain itu, skuad Juku Eja juga tengah menyeleksi defender asal Perancis yaitu Steven Paulle.

Saat menjalani latihan perdana, kondisi Hamka belum maksimal. Ia pun itu hanya bermain setengah babak saja. Sebelumnya Hamka berhasil membawa Arema Cronus finish di peringkat dua klasemen kompetisi Torabika Soccer Championship 2016 lalu.

DIDIT HARIYADI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *