7,2 Juta Surat Suara Pilkada DKI Dikirim dari Makassar

7,2 Juta Surat Suara Pilkada DKI Dikirim dari Makassar

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno bersama rombongan meninjau proses percetakan kertas Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di percetakan PT Adi Perkasa, Makassar, Sulawesi Selatan, 9 Januari 2016. KPU DKI Jakarta mulai melakukan pencetakan kertas suara di percetakan PT Abdi Perkasa Makassar selaku pemenang tender. Iqbal Lubis

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta, Sumarno mengatakan proses cetak kartu suara untuk pemilihan kepala daerah DKI Jakarta yang dilakukan di Makassar telah selesai. “Sekarang sedang diantar menggunakan kapal menuju Jakarta,” kata Sumarno kepada Tempo pada Selasa, 17 Januari 2017.

Sumarno mengatakan, jumlah kartu suara yang dicetak KPU DKI Jakarta mencapai 7,2 juta kertas suara. Jumlah itu nantinya akan didistribusilan ke seluruh wilayah di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu. “Sudah dikirim lewat kapal laut, beratnya berton-ton,” tutur dia.

Namun dia tak menjelaskan secara rinci berapa kontainer yang diperlukan untuk memuat kartu suara sebanyak itu. Proses pengiriman dari Makassar ke Jakarta juga dikawal oleh Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Targetnya, kartu suara akan tiba di Jakarta pada 22 Januari mendatang. Sumarno memastikan, jika kartu suara telah sampai di pelabuhan akan dikirim ke kota. Setelah itu KPU DKI Jakarta akan mendistribusikan ke semua wilayah.

“Kendala distribusi hanya soal macet saja,” ucap Sumarno. Dia juga telah meminta kepada kepolisian untuk membantu proses distribusi agar berjalan lancar. Targetnya sebelum pelaksanaan pilkada, surat suara telah terkirim ke masing-masing tempat pemungutan suara (TPS)

Kata Sumarno, total TPS di Jakarta mencapai 13.023 titik. Jumlah itu termasuk di Kepulauan Seribu. Nanti proses pengiriman ke Kepulauan Seribu akan menggunakan kapal khusus. “Nanti pihak dari Kepulauan Seribu akan menyewa kapal.”

AVIT HIDAYAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *