Unik, 980 Pejabat Sumenep Dilantik di Pantai

Senin, 16 Januari 2017 | 22:23 WIB

Unik, 980 Pejabat Sumenep Dilantik di Pantai

Kesenian Saronen asal Sumenep, Jawa Timur. TEMPO/Fully Syafi

TEMPO.CO, Sumenep – Bupati Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, KH Busyro Karim melantik pejabat dengan cara tak biasa. Biasanya pelantikan digelar di gedung pertemuan, namun pelatikan 980 orang pejabat Kabupaten Sumenep digelar di lokasi wisata Pantai Lombang, Kecamatan Dungkek, Senin, 16 Januari 2017.

Busyro mengatakan pelantikan sengaja dipusatkan di Pantai Lombang untuk lebih mengenalkan pantai yang terkenal dengan pasir putih dan pohon cemara udangnya itu ke publik. Cara ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke pantai terpencil tersebut. “Saya ingin destinasi wisata Sumenep bisa bersaing dengan daerah lain,” kata dia, Senin, 17 Januari 2017.

Baca juga:
Gempa Deli Serdang, Sejumlah Rumah Rusak

Menurut Busyro, tidak hanya pantai Lombang, destinasi wisata lain juga akan dikembangkan untuk menyukseskan program visit Sumenep tahun 2018. Dia yakin bila potensi wisata bisa dikembangkan secara maksimal maka akan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Serta bisa meningkatkan pendapatan asli daerah. “Ke depan semua kegiatan pemerintah, secara bergilir akan digelar di destinasi wisata,” ujar dia.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Sofiyanto mengatakan untuk membenahi berbagai fasilitas pada obyek wisata telah disediakan anggaran Rp 4 miliar dalam APBD 2017. “Salah satu yang akan kami benahi adalah Pantai Slopeng, kami akan sediakan tempat selfie,” kata dia.

Sofiyanto mengakui anggaran tersebut sangat minim. Namun, realiasasi akan dimaksimalkan. “Untuk menambah belum memungkinkan karena kemampuan APBD kita terbatas,” kata dia.

Dibanding kabupaten lain di Madura, destinasi wisata yang dimiliki Sumenep lebih beragam. Selain pantai Lombang dan Slopeng, ada juga pantai Gili Labak, pantai ini terkenal karena terumbu karangnya masih alami sangat cocok untuk pecinta snorkling. Ke timur sedikit, ada Pulau Giliyang. Satu titik di pulau ini dikenal memiliki kandungan oksigen terbaik di dunia.

Pengelola biro perjalanan di Madura, Salmon Trip, Doni Heriyanto mengatakan Pemkab Sumenep perlu membenahi sarana transportasi menujuk destinasi wisata lintas pulau. Selama ini, kata dia, untuk ke Pulau Gili Labak transportasi yang tersedia hanya perahu nelayan. “Perlu disediakan transportasi yang tidak membuat takut wisatawan,” katanya.

MUSTHOFA BISRI

Simak:
Jawa Tengah Panen Cabai, Tapi Harga Tetap Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *