TKI Korban Perdagangan Orang Dimakamkan di Damaskus

Senin, 16 Januari 2017 | 07:59 WIB

TKI Korban Perdagangan Orang Dimakamkan di Damaskus

Pemakaman TKI asal Indramayu, Jawa Barat, Damini Binti Saman Yasin pada Sabtu 14 Januari 2017 di Tempat Pemakaman Umum Nazhah, Provinsi Damascus Countryside. Damini tewas akibat terjatuh saat membersihkan kaca jendela rumah majikan pada 28 Desember lalu. Foto/istimewa

TEMPO.CO, Damaskus— Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Suriah telah memakamkan jenazah Tenaga Kerja Indonesia bernama Damini binti Saman Yasin, 30 tahun.

Dalam rilis yang diterima Tempo pada hari ini, Senin, 16 Januari 2017, pemakaman TKI asal Indramayu, Jawa Barat, itu berlangsung pada Sabtu, 14 Januari 2017, di Tempat Pemakaman Umum Nazhah, Provinsi Damascus Countryside. Duta Besar RI Damaskus Djoko Harjanto hadir dalam pemakaman tersebut.

SimakIntip Beratnya Latihan untuk Calon Pramugari Cina  

Damini meninggal dunia pada 28 Desember 2016 karena pendarahan otak akibat benturan dan jatuh dari ketinggian saat membersihkan kaca jendela dapur majikan. Setelah mendapatkan persetujuan dari keluarganya di Indonesia, KBRI Damaskus memakamkan dia di Damaskus.

KBRI Damaskus berhasil memperjuangkan seluruh hak almarhumah dan uang santunan dari majikan. Menurut informasi dari KBRI, Damini sejatinya telah memiliki tiket untuk pulang ke Indonesia bulan ini. “Mungkin ia sekarang seharusnya sudah bercengkerama dengan keluarganya di Indramayu. Tapi takdir berkata lain.”

BacaKendarai Motor, Dua Perempuan Iran Ditangkap

Dubes Djoko mengatakan bahwa Damini binti Saman Yasin adalah korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) karena dikirim pasca moratorium penghentian pengiriman tenaga kerja ke Suriah pada September 2011. Berdasar informasi dari KBRI, Damini masuk ke Suriah pada Desember 2013 melalui agen PT DUTA PUTRA KAHURIPAN.

Berdasarkan data di laman blog Duta Putra, perusahaan ini bermarkas di wilayah Tebet, Jakarta Selatan. Namun, Tempo belum memperoleh konfirmasi dari perusahaan tersebut.

Djoko berharap agen dan para pihak yang terlibat dalam pengiriman almarhumah harus dihukum sesuai UU Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Pejabat Protokol Konsuler merangkap Penerangan Sosial Budaya, AM. Sidqi, menambahkan bahwa hingga saat ini masih sering didapati pengiriman korban perdagangan manusia berkedok pengiriman TKI ke Suriah. Pada 2016, tiga orang korban perdagangan manusia meninggal di Suriah.

“Semoga wafatnya Damini binti Saman Yasin merupakan kejadian terakhir. Mau menunggu apa lagi hingga penghentian pengiriman TKI ke Suriah betul-betul serius digalakkan dari Tanah Air,” ujar AM.Sidqi.

Selain Damini, TKI tewas di Suriah selama Januari ini atas nama Sumyati binti Padli Amis dan Lili Maryana Harisadi.

SITA PLANASARI AQUADINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *