Surat Suara Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Selesai Dicetak

Surat Suara Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Selesai Dicetak

Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno saat melaunching surat suara Pilkada DKI Jakarta di kantor KPUD DKI Jakarta, 11 Januari 2017. Dalam kesempatan tersebut Sumarno juga mengumumkan debat pertama calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang akan dilaksanakan pada 13 Januari 2017 di Hotel Bidakara dengan tema “Pembangunan Sosial Ekonomi untuk Jakarta”. TEMPO/M Iqbal Ichsan

TEMPO.CO, Jakarta – Surat suara untuk pemilihan gubernur DKI Jakarta telah selesai dicetak. Pencetakan surat suara ini dilakukan PT Adi Perkasa Makassar. Menurut Direktur Utama Adi Perkasa Makmur Daeng Nakku jumlah surat suara yang dicetakĀ  adalah 7.292.619.

Makmur mengatakan surat suara yang akan digunakan pada 15 Februari mendatang itu akan dikirim ke Jakarta lewat laut pada Selasa 17 Januari 2017. Serah terima akan dilakukan pada Kamis 19 Januari 2017.”Surat suara Pilgub DKI telah rampung, serah terima sehari saat surat suara tiba di Jakarta,” kata Makmur, Senin 16 Januari 2017.

Dengan menggunakan kontainer kemudian diangkut naik kapal. “Kita pakai dua kontainer,” kata dia.Setelah serah terima, lanjut dia, KPUD DKI Jakarta bakal melakukan proses sortir untuk mengecek surat suara yang dianggap rusak. “Kami siap mengganti surat suara, jika ada yang rusak. Tapi kami tunggu hasil sortir dari Jakarta,” kata Makmur.

Kendati demikian, kata dia, harus dibuatkan berita acara, berapa jumlah total surat suara yang rusak. Menurut dia, proses sortir ini tidak akan berlangsung lama untuk proses surat suara.

Sebelumnya Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta Sumarno mengatakan polisi menjaga ketat proses percetakan surat suara hingga pendistribusian ke Ibu Kota. “Kami lakukan pengawasan bersama Bawaslu,” ucap Sumarno di Makassar, Senin, 9 Januari 2017.

Selain anggota polisi, Sumarno menambahkan, proses pencetakan surat suara ini diawasi oleh masing-masing dua petugas dari Badan Pengawas Pemilu dan Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta. “Jadi, total yang mengawasi itu ada delapan orang,” kata dia.

DIDIT HARIYADI

Baca juga:

Pencetakan Surat Suara Pilgub DKI di Makassar Dijaga Ketat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *