Jokowi Minta TNI Cepat Merespons Segala Perubahan yang Terjadi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan arahan dalam Rapim TNI 2017 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (16/01/2017). (Sindonews/Sucipto)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta TNI memiliki visi yang sama dengan pemerintah sekaligus merespons segala perubahan yang terjadi dengan cepat.

“Semuanya juga mengetahui tantangan-tantangan negara kita ini seperti apa baik internal maupun eksternal,” ujar Jokowi saat memberikan arahan dalam Rapim TNI 2017 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (16/01/2017)

Menurut Jokowi, dengan adanya kesamaan tersebut maka pemerintah dan TNI bisa bersama-sama mengambil kebijakan yang arahnya memberikan jalan keluar atau solusi bagi setiap masalah baik yang berkaitan dengan politik, ekonomi, global maupun domestik menyangkut sosial budaya.

“Kita tahu perubahan dunia dan global sangat cepat sekali, satu masalah belum selesai, muncul masalah yang baru. Perlambatan ekonomi global masih terjadi. Artinya situasi ekonomi dunia belum pulih,” katanya.

Jokowi mengingatkan, kemungkinan adanya perubahan baru lagi menyangkut kebijakan di Amerika Serikat setelah presiden terpilih Donald Trump dilantik. “Kita harus bergerak cepat mengantisipasi semua perubahan terutama yang berkaitan dengan kecanggihan IT (information technology) yang setiap detik selalu berubah-ubah,” tegasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mencontohkan, bagaimana proses perdagangan e-commerce berubah begitu cepat dimana penjualan barang saat ini tidak lagi melalui mal atau pasar modern melainkan online store.

“Kita lihat hampir semua negara menyiapkan platformnya masing-masing ritel yang kalau kita sendiri tidak mempunyai platform asli Indonesia sangat sulit sekali memindahkan arus barang, sulit sekali keluar masuk dari negara lain,” ucapnya.

(kri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *