Foxconn Akan Produksi LCD Sharp di Amerika Serikat

Senin, 16 Januari 2017 | 13:26 WIB

Foxconn Akan Produksi LCD Sharp di Amerika Serikat

Logo Foxconn. REUTERS/Tyrone Siu

TEMPO.CO, Beijing – Foxconn perusahaan asal Cina diketahui sebagai pabrikasi pembuat ponsel iPhone untuk Apple. Foxconn pada Februari 2016 juga diketahui mengakuisisi perusahaan elektronik Sharp dan mengambil produksi pembuatan kaca Sharp yang diperuntukkan untuk layar ponsel.

Pekan ini beredar informasi Foxconn mungkin memindahkan atau membuat pabrik baru di kawasan Amerika Serikat untuk pembuatan kaca, dibawah penamaan Sharp. Informasi pendirian pabrik baru ini berkaitan dengan pembuatan ribuan lapangan pekerjaan baru, seperti dilansir melalui Phonearena.com, Senin 16 Januari 2017.

Informasi yang berasal dari internal perusahaan menyatakan, rencana ini sedang dibicarakan oleh perusahaan. Pemindahan produksi berkaitan dengan ucapan sindiran Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump mengenai Apple di masa kampanye.

Apple disindir oleh Trump mengenai produksi ponselnya yang dilakukan di luar Amerika Serikat, namun dijual di dalam negeri. Trump juga akan menetapkan pajak 35 persen bagi produk yang berasal dari luar negeri dan dijual di negaranya.

Rencana pembuatan pabrikasi Sharp di Amerika Serikat kabarnya sudah disetujui oleh Foxconn dan tengah diinvestigasikan lebih dalam oleh Apple.

Namun produksi yang akan dilakukan oleh Sharp dan Foxconn dikabarkan tak akan berhubungan langsung dengan Apple dan ponsel iPhone. Apple sendiri tahun ini dikabarkan akan meluncurkan iPhone baru dengan layar OLED, dimana layar tipe ini memungkinkan Apple menciptakan ponsel dengan layar samping Edge dan bentuk melengkung. Meskipun masih beredar rumor, salah satu seri iPhone terbaru masih akan menggunakan layar jenis LCD yang selama ini dipenuhi oleh Foxconn.

Pembangunan Sharp dengan produksi kaca dan layar jenis LCD di Amerika Serikat diduga akan lebih dimanfaatkan untuk produksi televisi atau elektronik lainnya.

PHONE ARENA | MAYA NAWANGWULAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *