Jokowi: Prinsip Kerja Sama RI-Jepang Saling Menguntungkan

Presiden Joko Widodo saat menyambut Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu 15 Januari 2017. Foto/Biro Pers Istana Kepresidenan

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganggap Jepang sebagai mitra kerja sama yang strategis‎. Kunjungan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe ke Indonesia, kemarin dinilainya memperkuat hubungan bilateral yang sudah terjalin selama ini.

Jokowi mengatakan, Indonesia dan Jepang telah sepakat untuk menjalin kerja sama di bidang politik, ekonomi‎, maritim, dan sosial budaya.

‎”Tentunya upaya peningkatan kerja sama tersebut harus selalu disertai prinsip saling menguntungkan,” kata Jokowi saat jumpa pers bersama Abe di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu 15 Januari 2017.

Jokowi menuturkan, di tengah terpuruknya perekonomian global, pemerintah mencatat investasi Jepang meningkat signifikan.

Menurut dia, sejak Januari hingga September 2016, investasi Jepang mencapai angka USD4,498‎ miliar, dan angka ini meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2015.

“Beberapa hal yang saya bahas dengan PM Abe pada hari ini antara lain kesepakatan agar kerja sama dalam konteks 2 plus 2 Menlu dan ‎Menhan kedua negara akan dilakukan tahun ini di Indonesia,” tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain hal itu, lanjut Jokowi, empat hal yang ingin dikerjakan bersama antara Indonesia-Jepang, yakni pertama, pemerintah sangat berharap Jepang bersedia membuka akses pertanian dan perikanan Indonesia.

Kedua, kerja sama penyelesaian review penghindaran pajak berganda. Ketiga, meningkatkan akses dan kapasitas keperawatan Indonesia untuk dapat memenuhi pasar di Jepang.

“Keempat, dimulainya general review Indonesia-Jepang Economic Partnership Agreement pada tahun ini,” tutur mantan Wali Kota Solo ini. (Rakhmat)‎

(dam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *