Everton Bungkam Manchester City 4-0

Minggu, 15 Januari 2017 | 23:10 WIB

Everton Bungkam Manchester City 4-0

John Stones, pesepakbola berkewarganegaraan Inggris yang bermain untuk klub Everton. John yang biasa bermain pada posisi bek ini direkrut oleh klub Liga Inggris, Manchester City dengan nilai transfer hingga 47 juta pound sterling atau sekitar Rp 827 miliar. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta – Everton secara mengejutkan berhasil menumbangkan tamunya, Manchester City dengan skor telak 4-0. Pasukan Ronald Koeman bermain lebih efektif meskipun tak banyak menguasai bola.

Meskipun bermain di kandang lawan, Manchester City mencoba menguasai pertandingan dengan mendominasi penguasaan bola sejak menit awal. Namun rapatnya pertahanan Everton yang digalang oleh Ashley Williams cs tak bisa ditembus oleh Sergio Aguero yang menjadi motor serangan City.

Sebaliknya, Everton yang bermain sabar dan mengandalkan serangan balik justru mencuri gol pada menit ke-34. Serangan dari sisi kiri pertahanan City diteruskan dengan umpan silang mendatar oleh Kevin Mirallas ke tengah kotak pinalti. Romelu Lukaku yang berdiri bebas tanpa pengawalan pun dengan mudah menceploskan bola ke gawang Claudio Bravo.

Pada babak kedua, Everton kembali membuat kejutan setelah mencetak gol keduanya pada menit ke-47. Kerjasama lini tengah yang tak mantap membuat City kehilangan bola di tengah lapangan. Romelu Lukaku yang menerima bola dengan cepat menyodorkan bola ke depan dimana Mirallas telah berlari.

Umpan Lukaku itu sempat terpotong oleh John Stones. Namun bola justru bergulir ke Ross Barkley yang kembali menyodorkan si kulit bundar ke Mirallas. Lolos dari jebakan offside, pemain tim nasional Belgia itu melepaskan tembakan keras kaki kanan ke arah tiang jauh dan membuat Everton unggul 2-0.

Buruknya kinerja lini pertahanan City kembali dimanfaatkan Everton pada menit ke-79. Pemain muda Tom Davies menyelesaikan serangan balik yang dibangunnya setelah menerima sodoran dari Ross Barkley. Gol itu sangat istimewa karena pemain 18 tahun itu baru dua kali bermain bersama tim senior Everton.

Pesta gol Everton ditutup pada masa tambahan waktu. Pemain muda Ademola Lookman yang baru masuk menggantikan Barkley membuat malu Claudio Bravo setelah sepakannya menerobos di antara kedua kakinya.

Kekalahan itu membuat posisi Manchester City kini terlempar dari 4 besar klasemen. Mereka kini berada di peringkat 5 dengan 42 angka, sementara Everton tak beranjak dari posisi 7 klasemen.

BBC|FEBRIYAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *